rss

5/21/2010

Mengoptimalkan Blog dengan Meta Tag

wallpaper

Setelah kemarin Blog Amatian menghadirkan tentang Cara membuat blog di blogspot, terus memaksimalkannya dengan memposting artikel tentang Cara Setting Blog. Nah, kali ini mengoptimalkan blog dengan meta tag.

Meta tag merupakan suatu metode penyampaian sebuah informasi dari sebuah halaman sebagai identitas utama dari web/blog untuk menjadi data yang akan di himpun oleh Search Engine(mesin pencari).
Mungkin banyak sekali meta tags yang bisa digunakan pada sebuah halaman sesuai standar HTML, namun Search engine hanya mengoptimalkan menghimpun datamelalui 3 meta tags, yaitu Meta tags Description, Keyword, dan Robots.

Meta tags Description
Meta tags Description merupakan sebuah informasi yang menggambarkan isi dari halaman secara umum dan bisa di artikan sebagai wajah asli dari halaman tersebut. Untuk menentukan deskripsi halaman web/blog disarankan tidak lebih dari 200 karakter serta pastikan bahwa penulisan meta tags description ini bisa menjadi kalimat pembuka dengan kata lain penempatannya di awal halaman (HTML).
Adapun konsep meta tags description sebagai berikut :
<meta name="description" content="Isi deskripsi web/blog anda">

Meta tags Keyword
Nah, berhubung meta tag yang satu ini berfungsi sebagai kata kunci, pastinya merupakan suatu jalur penentu primer bagi search engine untuk menyalurkan pengunjung ke halaman web/blog kita, maka dari itu meta tags yang satu ini sangat penting keberadaanya.
Konsep meta tags keyword sebagai berikut :
<meta name="keyword" content="keyword1 keyword2 keyword3 keyword4 ...">
atau bisa juga ditulis menggunakan tanda koma :
<meta name="keyword" content="keyword1, keyword2, keyword3, keyword4, ...">

Sebenarnya kedua fungsi meta tags keyword diatas tidak ada bedanya atau fungsi sama saja dan tidak berpengaruh pada search engine, namun pemakaian tanda koma hanya bertujuan agar keyword-keyword tersebut lebih mudah di baca oleh search engine.
Namun yang harus di ingat adalah jangan menggunakan keyword yang berulang-ulang, karena akan di anggap spam oleh search engine.
berikut contoh meta tag keyword yang spam oleh search engine :
<meta name="keyword" content="blog, tutorial blog, tips trik blog, blog amatiran, blog pemula">
Nah dilihat dari keyword di atas terdapat pengulangan keyword. namun hal tersebut bisa di atasi dengan menggunakan metode seperti dibawah ini :
<meta name="keyword" content="blog tutorial tips trik blog pemula blog amatiran">
Yang lebih penting lagi adalah jangan menggunakan keyword yang tidak ada kaitannya dengan isi halaman web/blog kita, hal tersebut juga akan di anggap spamming. Seperti contoh, jika blog anda hanya mengungkap tentang tutorial blog, maka jangan menuliskan kata-kata untuk menembak keyword yang sedang laris seperti MP3 atau How to Delete Facebook Account.

Meta tags Robots
Nah, untuk meta tag yang satu ini spesifikasinya tentang penentuan index halaman web/blog kita, disini kita bisa menentukan halaman web/blog mana yang bisa dan yang mana yang tidak bisa di index oleh spider dari search engine. seperti halnya halaman yang menggunakan frame untuk navigasi, pastinya tidak ingin memberikan kewenangan spider search engine untuk membaca menu-menu yang ditampilkan dalam frame.

Jika ingin memberi wewenang kepada spider untuk membaca main page serta menelusuri seluruh halaman lainnya melalui hyperlink yang ada, maka formatnya seperti dibawah ini :
<meta name="robots" content="index, follow">

Namun jika anda tidak menginginkan spider search engine untuk mendeteksi halaman web/blog anda, maka formatnya seperti dibawah ini :
<meta name="robots" content="noindex, nofollow">

Untuk memasang meta tag di blogger, berikut step-stepnya :
- Login dulu ke Blogger
- Pilih Tata letak/Layout => Edit HTML
- Pada umumnya kode meta tag diletakkan di bawah kode <title><data:blog.pageTitle/></title>
- Masukkan kode meta tag blog anda dibawah kode tadi.

<meta content=' Tulis deskirpsi web/blog anda disini'  name='description'/>
<meta content='keyword1, keyword2, keyword3, ...' name='keywords'/>
<meta content='INDEX, FOLLOW' name='ROBOTS'/>


-Ganti kode yang berwarna merah sesuai dengan keterangan web/blog anda
- Jangan lupa Save template anda

Selesai deh, mudah-mudahan mudah di mengerti, maklum sama-sama belajar.
Selamat mencoba
Click Here To get Update Post Via Feed RSS
If you want to get information about updates of this blog, please enter your email to get information about downloading the latest articles on this blog

Enter your email address:

Related Posting :


2 komentar:

game petualangan on 1/20/12, 9:55 AM said...

langsung dicoba ahhh... sp tau bisa ningkatin visitor... ^_^

Blog Amatiran on 2/22/12, 10:40 PM said...

Yups...smoga bisa membantu, tidak ada salahnya mencoba, thanx atas kunjungannya :)


Post a Comment

Please provide comments on the form below, Send your opinion in accordance with the above article, don't enter spam comments, I will delete all spam comments without confirmation.
Thank you for your participation in

lyrics
 

Statistics

Followers

Info Kontes | Blog Garux | Download Gila